Lumba-lumba : Mamalia Laut Dengan Segala Keunikannya

lumbaa-lumba

Siapa yang tidak mengenal mamalia laut yang satu ini, mulutnya yang runcing serta terkenal memiliki kecerdasan, menjadikan lumba-lumba sebagai makhluk laut yang banyak disukai oleh semua orang.

Lumba-lumba hidup di dasar laut, tetapi meskipun hidup di air ternyata lumba-lumba merupakan salah satu hewan yang tidak pernah tidur. Hal ini dikarenakan karena, lumba-lumba ternyata bisa tenggelam layaknya manusia.

Ilmu pengetahuan khususnya yang berkaitan tentang laut menjadikan lumba-lumba sebagai sebuah inspirasi bagi beberapa peneliti. Alasan utamanya karena lumba-lumba merupakan hewan yang memiliki sistem sonar. Sistem sonar yang dimiliki oleh lumba-lumba adalah sebuah kemampuan yang mengilhami pembuatan radar kapal selam bagi sebagian orang.

Selain memiliki kemampuan yang luar biasa, hewan yang bisa kita temui di tempat-tempat sirkus ini, memiliki kecerdasan yang luar biasa. Dengan kecerdasan yang dimilikinya sering kali mamalia yang satu ini membantu manusia dalam segala aktivitas. Terlebih, bagi para nelayan.

Para Nelayan di dunia menjadikan lumba-lumba sebagai sebuah hewan yang bisa di ajak ‘kerja sama’. Kerja sama tersebut biasa terjadi di negara Brazil. Di negeri samba tersebut, lumba-lumba selalu memeberikan tanda kepada nelayan apabila jaring yang digunakan untuk menangkap ikan sudah penuh.

Selain itu, lumba-lumba juga menjadi sahabat terbaik manusia. Hal ini diungkapkan oleh beberapa kesaksian yang pernah mengalami sebuah penyelamatan tatkala mereka tenggelam. Dan penyelamatan tersebut dilakukan oleh mamalia pintar ini. Luar biasa bukan !

Menyingging lagi tentang kemampuan yang dimiliki oleh lumba-lumba. Ternyata, lumba – lumba melakukan penglihatan tidak seperti makhluk lainnya. Jika kebanyakan hewan-hewan bahkan manusia melihat dengan mata, maka berbeda dengan lumba-lumba.

Menurut beberapa situs Jual Genset, lumba-lumba melihat dengan menggunakan suara. Mamalia yang satu ini menggunakan suara juga sebagai sebuah cara untuk mencari makanan. Suara tersebut sering dipantulkan agar bisa mencari ikan-ikan kecil yang bisa di jadikan makanan.

Di samping itu, hal unik terakhir yang dimiliki oleh lumba-lumba adalah mereka bisa menyembuhkan sendiri lukanya. Menurut beberapa penelitian, hal tersebut dikarenakan lemak yang terkandung di dalam tubuh lumba-lumba mengandung sebuah senyawa antibakteri, sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s