Inilah Virus Komputer Pertama di Dunia

rich skrentaElk Cloner disebut sebagai salah satu virus mikro komputer yang menyebar luaskan dari ruang lingkup tempat pembuatannya. Seorang murid SMA yang berumur 15 tahun bernama Rich Skrenta diduga sebagai tuan dari pembuatan virus komputer pertama di dunia dan saat itu ia tujukan untuk sistem komputer Apple II.

Ketika itu Skrenta tak lagi dipercaya oleh teman-temannya, hal itu dikarenakan kelakuan buruknya yang secara ilegal membagikan game dan software selain itu ia juga menggunakan floppy disk untuk mematikan komputer maupun menampilkan kata-kata mengejek pada layar.
Akhirnya Skrenta memikirkan metode untuk melakukannya tanpa floppy disk agar ia tak dicurigai, dan selama liburan musim dingin Skrenta menemukan bagaimana caranya itu terwujud. Akhirnya dia menemukan apa yang ingin dibuatnya sebagai boot sctor virus dan mulai untuk menyebarkannya dikalangan teman satu sekolah serta di sebuah club komputer.

Virus tersebut cepat tersebar dan sukses menginfeksi floppy disk orang-orang yang ia kenal bahkan gurunya sekalipun. Virus buatannya banyak merepotkan orang dapat anda bayangkan bagaimana repotnya karena saat itu belum ada antivirus.

Virus tersebut hanya bisa dihapus dengan cara manual yang melalui langkah-langkah rumit, meskipun saat itu virusnya belum merusak provider internet namun Elk Cloner cukup merepotkan pasalnya Elk Cloner menyebar dengan cara menginfeksi sistem operasi Apple II dengan cara boot sector virus.

Yang sama artinya saat melakukan booting pada komputer menggunakan floppy disk yang sudah terinfeksi maka virus itu akan tercopy ke memory dan apabila floppy disk tak tersedang virus dimasukkan ke komputer virus akan mencopy virus itu secara otomatis.

Virus Elk Cloner sendiri tak membuat sebuah kerusakan fatal dan hanya merubah sistem floppy disk yang berisikan Apple DOS, pada kemampuannya membuat virus seperti itu akhirnya Skrenta menjadi CEO di Blekko Inc.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s