Matahari Terlihat Lebih Besar 3 Januari 2013

bumi

Mungkin banyak orang yang tak menyadari dengan peristiwa ini jika matahari dan bumi 3 Januari 2013 jaraknya cukup dekat dibandingkan biasanya.

Baru saja Mashable melansir bahwa matahari sekarang ini akan terlihat lebih besar dibandingkan hari biasanya, hal itu dikarenakan bumi pada hari tersebut tepat berada di garis yang dinamakan perihelion atau biasa disebut dengan titik poin terdekat bumi ke matahari dalam lintasan orbit planet, komet dan juga asteroid.

Selain itu perkiraan jarak bumi dan matahari sekitar 150 juta kilometer biasanya. Namun sekarang menjadi 147.098.161 kilometer saja, dan apabila dilihat dengan seksama besar matahari seperti tak berubah namun para ilmuwan mengatakan bahwa nantinya ada perubahan sebesar 3,4% dari ukuran semulanya.

Hal ini bukanlah mataharinya yang bertambah besar atau bumi yang mengkerut melainkan jarak bumi dan matahari mendekat, dengan hal itu maka suhu di bumi bisa naik sebesar 2,3% Celcius dibandingkan suhu biasanya.

Hingga saat ini belum ada penjelasan dengan detailnya apakah dengan masuknya bumi ke garis perihelion ini akan membawa dampak buruk untuk sebagian ekosistem yang ada di bumi maupun atmosfir.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s