Mengenal Kalimat Majemuk

Di dalam pembelajaran pada sistem belajar bahasa Indonesia di sekolah pastinya sudah mengenal kalimat majemuk sejak kelas 4 SD, mungkin di telinga anda para pembaca kalimat majemuk tidaklah asing.

Kalimat majemuk itu sendiri merupakan sebuah kalimat yang terdiri dari 1 klausa atau lebih yang saling berkaitan, di dalam kalimat majemuk terdapat 2 jenis yaitu:

1. Kalimat Majemuk Setara

Sebuah kalimat yang menggabungkan kedudukan yang sama, contoh katanya yaitu: dan, lalu, tetapi, atau, bahkan, kemudian.
Contoh kalimatnya: Saya pergi ke taman tetapi adik baru pulang.

2. Kalimat MajemuK Bertingkat

Kalimat majemuk jenis ini adalah kalimat yang memiliki unsur yang tidak sama atau tidak sederajat. Kalimat pertama berfungsi sebagai induknya, sementara kalimat yang lain merupakan anak kalimat. Kata untuk menghubungkan kalimat majemuk jenis ini adalah: ketika, saat, meskipun, agar, dll. Penulisan pada kalimat ini dipisahkan dengan memakai tanda koma (,). Seperti ini:

  • Ketika makan siang, saya kehausan
  • Saat saya selesai belajar, ayah membaca koran.
  • Meskipun saya anak pertama, saya tidak boleh bertindak semena-mena.

Inilah beberapa informasi yang bisa saya berikan mengenai kalimat majemuk, semoga artikel singkat ini bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

