Langkah Sehat Berpuasa Yang Baik

Orang yang berpuasa di bulan ramadan juga harus menjaga kesehatan. Penting bagi mereka menjaga tubuh tetap lembap alias tidak kekurangan cairan dan makan dengan baik selama berpuasa. Nah, bagi Anda yang ingin tahu caranya berpuasa dengan baik ? yuk langsung saja kita lihat dibawah ini :

Perbanyak Mengkonsumsi Air Saat Buka & Sahur
Setelah berbuka puasa, Pasti orang yang berpuasa harus minum air yang banyak, karna orang yang berpuasa pasti menahan haus selama lebih dari 12 jam. Jadi Harus ingat juga untuk tetap terhidrasi sebelum dimulainya kembali puasa atau saat sahur.
 
Menu Makanan Sehat
Lebih baik mengkonsumsi makanan sehat selama berbuka puasa dan tidak makan kue-kue dan makanan manis bergula buatan, yang bahkan dalam jumlah besar tidak memuaskan rasa lapar dan mengganggu kerja pencernaan. Berbuka puasa seharusnya tidak identik dengan makan berlebihan.

Tidak hanya konsumsi makanan secara berlimpah mengganggu tubuh, tetapi bisa mendorong lebih banyak gangguan tidur. Sebelum berpuasa atau ketika sahur, dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan serta multi vitamin kesehatan dan karbohidrat kompleks, seperti semolina dan sereal agar tahan lapar sepanjang hari. Penting untuk konsumsi makanan yang baik sebelum matahari terbit dan azan magrib berkumandang.
 
Mengikuti ritme yang tepat
Meskipun kita berpuasa dari matahari terbit sampai terbenam, kita harus mencoba untuk tetap makan tiga kali sehari, yaitu saat sahur, saat berbuka, dan beberapa jam (2-3 jam) setelah berbuka. Jika memungkinkan, tidur siang mungkin diperlukan setelah jam 12 siang.
 
Terjaga dari sinar matahari
Dianjurkan untuk menghindari sinar matahari dan panas selama bulan Ramadan agar tidak cepat terdehidrasi dan lemas.
 
Berolahraga
Berolahraga diperbolehkan saat berpuasa. Lakukanlah pada sore hari menjelang azan magrib atau sesudah berbuka.
 
Mereka yang berisiko
Pasien dengan diabetes dianjurkan untuk secara teratur memonitor gula darah. Wanita hamil, orangtua, atau pasien dengan hipertensi atau asma diharapkan untuk berkonsultasi dengan dokter segera setelah mengalami tanda-tanda abnormal. Untuk keamanan, Anda harus mengunjungi dokter sebelum dan sesudah Ramadan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s