Jenis Berolahraga Yang Baik Pada Saat Berpuasa

Kata siapa saat puasa tidak boleh berolahraga ? yah banyak yang bilang kalau sedang berpuasa sebaiknya jangan terlalu banyak gerak agar tidak cepat lelah dan lesu dalam menjalankan aktivitas berpuasa.

Mungkin bagi Anda yang hobinya gemar berolahraga dan sedang berpuasa, tentu Anda bisa kok melakukan aktivitas berolahraga sambil menjalankan aktivitas berpuasa.

Disini saya punya sedikit tips bagi Anda yang gemar berolahraga namun sedang berpuasa, yuk langsung saja lihat dibawah ini :

  • Tentukan tujuan dari olahraga tersebut. Bila ditujukan untuk kesehatan dan kebugaran sebaiknya dilakukan pada saat pagi hari setelah sahur dengan intensitas ringan sehingga tidak memicu terjadinya dehidrasi dan kelelahan yang berlebihan saat siang hari yang berpotensi untuk mengurangi efektivitas kerja kita. Olahraga jenis ini tentunya aman dan baik bagi kesehatan.
  • Intensitas latihan yang dilakukan ringan tidak akan memberatkan bagi orang-orang yang sebelumnya tidak pernah berolahraga.
  • Lakukan olahraga pagi bersama dengan anggota keluarga lainnya sehingga tidak hanya diri kita sendiri yang sehat namun juga kita mengajak orang lain untuk menjalani kebiasaan hidup sehat dan lebih mempererat hubungan dengan keluarga.

Nah, mungkin bagi Anda yang olahraga di sore hari juga bisa dengan melihat tips berikut :

  • Bila tujuan kita adalah untuk tetap menjaga kekuatan dan bentuk otot yang telah terbentuk sebelumnya atau juga ingin melakukan olahraga yang lebih berat sebaiknya dilakukan sore hari menjelang saatnya berbuka. Adapun alasannya agar latihan yang berat tersebut bilamana menimbulkan kehilangan cairan yang berlebihan tentunya akan lebih mudah tercukupi saat waktu berbuka. Selain itu kelelahan yang terjadi akibat menjalani latihan berat tersebut tidak akan menimbulkan kelelahan tubuh dan mengganggu performa kita dalam bekerja.
  • Latihan yang bersifat eksplosif dengan beban yang berat biasanya dipakai untuk mengisi olahraga sore.
  • Intensitas latihan yang berat biasanya harus disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan dari masing-masing orang sehingga latihan sore hari ini biasanya lebih bersifat individual.

Gimana tidak sulitkan berolahraga di pada saat berpuasa ? mungkin Anda bisa mempraktekannya disehari hari, oh iya demi menunjang kesehatan Anda pada saat berpuasa, sebaiknya Anda mengkonsumsi suplemen multi vitamin.

Yah, sekian dulu tips dari saya semoga tips saya diatas dapat bermanfaat bagi Anda semua.
Terimakasih

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s