Tips Menjaga Kesehatan Saat Bulan Puasa

Halo para pembaca setia wordpress…
Waah, gak nyangka sebentar lagi udah memasuki bulan puasa, apakah kalian sudah siap untuk menyambut bulan puasa ? tentu yang namanya puasa sudah pasti menahan nafsu dan emosi dari lapar, haus dan masih banyak lagi godaan godaannya.

Selama bulan puasa, tentu kita merasakan yang namanya lapar, haus, benar tidak ? apalagi dalam menjalankan aktivitas sehari hari.

Lalu bagaimana caranya agar tubuh kita memiliki banyak tenaga selama berpuasa ?

Nah, untuk itu mari kita lihat tips dibawah ini :

Tetap Makan Sahur
Makan sahur penting bagi anda untuk memperoleh cadangan energi dalam melakukan aktifitas sehari hari. Bila tidak sahur seseorang akan mudah menjadi hipoglikimia dimana kadar gula dalam darah turun. Hal ini menyebabkan tubuh cepat menjadi lesu, loyo dan mengantuk, bahkan mudah marah.

Hindari Makanan dan Minuman Yang Banyak mengandung Gula Saat Sahur
Makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung gula akan memacu tubuh memproduksi insulin untuk segera menetralkan kadar gula dalam darah. Akibatnya rasa lapar akan cepat timbul dan badanpun menjadi cepat lemas dan lesu.

Perbanyak makanan yang mengandung protein tinggi karena protein akan diolah lebih lambat di banding jenis makanan lain serta banyak minum air putih. Setelah makan usahakan jangan langsung tidur beri waktu untuk tubuh anda mencerna makanan. Dan satu lagi jangan lupa untuk mengkonsumsi multi vitamin untuk menunjang dalam merawat kesehatan Anda.

Segera Berbuka Puasa Dengan Makanan Yang Cukup
Segeralah berbuka dengan makanan yang manis (korma) dan secukupnya, makanan yang manis lebih baik untuk usus yang kosong dan lebih cepat diubah menjadi energi. Saat berbuka jangan langsung meminum air dingin atau air es, karena hal tersebut akan membuat perut anda kembung.

Tetap Berolahraga di Bulan Puasa
Salah satu penyabab cepat lelah ketika puasa adalah kebiasaan yang salah ramai-ramai berolahraga sehabis sahur. Waktu yang tepat untuk berolahraga di bulan Ramadhan adalah beberapa jam (1-2 jam) menjelang berbuka puasa dan dianjurkan tidak melakukan olahraga yang terlalu berat.

Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut Selama Berpuasa
Ketika puasa semua kegiatan makan dan minum berhenti total sehingga produksi kelenjar air liur mulut berkurang dan mulut menjadi cepat asam dan berbau. Karena itu dianjurkan untuk segera menggosok gigi sehabis makan sahur agar sisa-sisa makanan tidak membusuk di rongga mulut.

Itulah sedikit tips dari saya semoga dapat bermanfaat bagi Anda.
Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s