Menu Sehat Berbuka Puasa

Dalam menjalankan ibadah puasa dibulang Ramadhan merupakan suatu kewajiban untuk umat Islam, tentunya dalam bulan Ramadhan pola makan yang biasa dilakukan dalam bulan sebelumnya sangat berbeda dan ini bisa mengakibatkan kondisi badan kita sedikit mengalami perubahan.

Sehingga dapat juga mengganggu aktifitas kita dalam sehari-hari. Untuk mengatasinya kita harus pintar-pintar dalam memilih menu makanan yang baik dan sehat yang bisa memenuhi asupan gizi bagi tubuh kita selama seharian berpuasa.

Selama bulan puasa, ada sebuah aktifitas yang tidak boleh dilewatkan yaitu melakukan sahur pada waktu dini hari. Disamping disunatkan dalam ibadah puasa juga merupakan sebagai pengganti kita sarapan pagi pada bulan bulan selain bulan Ramadhan. Seperti halnya sarapan, sahur sangat diperlukan untuk mengimbangi zat gizi yang tidak diperoleh selama sehari kita melaksanakan puasa.

Begitu juga pada saat berbuka puasa, diperlukan makanan serta minuman yang dapat menghilangkan dahaga kitas selama bulan puasa ?
Nah, adakah makanan yang memiliki banyak asupan gizi serta dapat menghilangkan dahaga pada saat kita berbuka puasa ? Nah, berikut adalah beberapa makanan yang mungkin bisa menjadi referensi Anda untuk menu buka puasa nanti :

Madu
Dari banyak penelitian, madu mengandung karbohirat yang paling tinggi diantara produk ternak lainnya, bila dibandingkan dengan telur ayam, susu ataupun daging. Setiap 100 gram madu murni bernilai 294 kalori, atau 1000 gram setara dengan 50 butir ayam atau 5,675 liteer susu atau setara dengan 1.680 gram daging.

Buah Kurma
Zat gula yang terkandung di dalam kurma, berbeda dengan zat gula yang terdapat pada buah-buahan lainnya, seperti gula tebu dan gula pasir. Yang mana zat gula pada selain kurma sebelum menjadi glukosa harus dipecahkan terlebih dahulu oleh enzim yang terdapat pada tubuh kita. berbeda dengan kurma yang langsung diserap dan tidak memerlukan proses seperti itu.

Sementara itu, berkat zat besi dan kalsium yang terdapat pada kurma, seseorang dapat terhindar dari penyakit jantung dan diabetes, begitu juga dengan potasium yang ada dalam buah kurma sangat berguna untuk mengatasi stress, sembelit dan lemah otot.

Kismis
Kismis juga merupakan makanan yang bermanfaat dan memiliki banyak kandungan gizi didalamnya, cocok untuk berbuka puasa dan di anjurkan untuk mengkonsumsi kismis

Multi Vitamin
Suplemen Multi Vitamin sangat baik untuk menambah kekurangan gizi yang belum didapatkan dari makanan dan minuman yang kita makan. Tetapi, disarankan untuk memilih Multi Vitamin yang baik, banyak sekali Multi Vitamin yang dijual dipasaran tetapi tentunya kadar gizi dan vitamin yang terkandung di dalamnya belumlah cocok untuk kita. maka alangkah sebaiknya kita berkonsultasi kepada dokter pribadi kita. Agar Multi Vitamin yang kita konsumsi benar-benar cocok dan tidak menimbulkan sesuatu yang tidak diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s