Strategi Dalam Bernegosiasi

Apa sih negosiasi itu? Kita ambil contoh misalnya dalam kehidupan kita sehari-hari. Pernahkan Anda berada dalam situasi dimana Anda harus membujuk anak Anda untuk tidak membeli mainan yang mahal? atau menawar harga ketika berbelanja untuk keperluan Lebaran lalu? ini adalah contoh negosiasi dalam kehidupan keseharian kita.

Dalam konteks pekerjaan kita, negosiasi merupakan bagian yang tak terpisahkan – mendapatkan potongan harga ketika mencetak poster dari vendor atau pun  mendapatkan kesepakatan dalam pembentukan kelompok tani – membutuhkan ketrampilan dalam negosiasi, selain dari teknik fasilitasi kelompok. Sama seperti teknik fasilitasi, ketrampilan negosiasi juga dapat dipelajari dan tidak selalu harus ditentukan oleh kemampuan bakat alami.

Kata “negosiasi” berasal dari bahasa Latin: “neg” berarti tidak dan “otium” yang berarti = santai, bahwa negosiasi bukanlah suatu kegiatan yang santai dan menyenangkan, namun membutuhkan kerja keras! Lalu kalau membutuhkan kerja keras, mengapa kita melakukan negosiasi?

Negosiasi ada karena ada masalah yang membutuhkan kesepakatan dari lebih 1 orang/1 pihak. Kesepakatan ini pun harus memberikan solusi yang lebih baik terhadap masalah tersebut dibandingkan jika kesepakatan itu tidak terjadi. Pada kenyataannya, mencapai negosiasi yang ‘win-win’ merupakan sebuah tantangan besar, seringkali kita merasa hasilnya adalah ‘menang-menang’, namun kenyataannya yang terjadi bisa saja ‘menang-kalah’ atau bahkan ‘kalah-kalah’

Dalam hal bernegosiasi ada beberapat strategi agar kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan atau bisa saja keduanya tidak mendapatkan keuntungan sama sekali.

Bagaimana supaya pada saat bernegosiasi ita bisa mendapatkan hasil yang kita inginkan?

Nah, berikut adalah beberapa strategi yang perlu dilakukan dalam bernegosiasi :

  • Strategi menang-menang (win-win solusition)
  • Strategi menang – kalah (win–lose solution)
  • Strategi kalah-kalah ( lose–lose solution)

Strategi menang-menang (win-win solution)
Pada strategi menang-menang (win-win solution) kedua belah pihak berada pada posisi yang menguntungkan karena dalam perundingan diupayakan menciptakan suasana yang memberikan kesan tidak ada pihak yang kalah dengan mengetengahkan pemberian atau keuntungan yang terbaik secara jujur dan adil.

Strategi menang kalah (win-lose solution)
Merupakan strategi yang bertujuan untuk memperoleh kemenangan dengan keinginan untuk mengalahkan pihak lain yang menguntungakan diri sendiri dan merugikan pihak lain. Penggunaan strategi menang-kalah (win-lose solution) tidak dianjurkan karena sering menimbulkan konflik berkepanjangan.

Strategi kalah-kalah (lose-lose solution)
Merupakan strategi yang merugikan kedua belah pihak dimana keduanya merupakan pihak yang kalah, karena perundingan cenderung tidak menggunakan akal pikiran yang sehat hanya melampiaskan kemarahan dan emosi sehingga tidak akan dapat menyelesaikan masalah.

Biasanya dari ketiga strategi tersebut yang paling banyak digunakan adalah Strategi menang-menang (win-win solution) dimana keduanya tidak ingin mendapatkan kerugian.

Mungkin Bagi Anda yang belum mengerti tentang bernegosiasi, Anda dapat mengikuti pembelajaraan mengenai belajar negosiasi dari kami yang nantinya Anda akan dibimbing ahlinya secara langsung oleh ahlinya. Anda akan diajarkan trik yang lebih dalam. Tidak hanya itu Anda juga akan sekaligus bagaimana menjadi seorang partner relationship yang baik

Semua itu dapat dilakukan bila anda tahu cara bernegosiasi yang baik. Karena itu segera bergabung bersama kami dengan meng-klik link-link yang telah tersedia dibawah artikel ini.

http://www.tdwclub.com/belajar-negosiasi-dengan-mudah-3115/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s