LCD atau LED, Lebih Bagus Mana?

LCD (Liquid Crystal Display) dan LED (Light Emitting Diode) memiliki beberapa perbedaan di antara keduanya, pada zaman dahulu layar televisi hanyalah berbentuk biasanya CRT (Cathode Ray Tube) atau biasa di sebut dengan TV tabung.

Akan tetapi seiring perkembangan zaman, layar televisi sekarang ini menggunakan layar lainnya yaitu LCD dan LED. Perbedaan keduanya sempat menjadi pembicaraan dan membedakan mana yang lebih bagus untuk dijadikan sebuah layar. Berikut perbedaannya:

  1. Ketika layar LCD dinyalakan maka tabung fluorescen akan membentuk uap merkuri yang bertekanan rendah, sedangkan LED menggunakan teknologi dioda pemancar cahaya.
  2. Jika didalam segi konsumsi listrik layar LCD lebih memakan listrik paling besar daripada LED, LCD memakan 22 watt sementara LED menggunakan listrik 8 watt.
  3. Tampilan gambar pada LCD kurang begitu jelas dan juga kurang terang hal ini dikarenakan adanya faktor dari Dinamic Contrast Ratio pada LCD tidak sebesar di bandingkan yang di miliki oleh LED.
  4. Jika di lihat dari segi usia LCD dan juga LED, LCD bisa bertahan selama kurang lebih 60.000 jam atau kurang lebih 11 tahun bila di hitung 15jam/hari. Sementara LED dapat bertahan 100.000 jam atau sama dengan 18 tahun bila di hitung 15jam/hari.

Nah itulah beberapa perbedaan dan juga kualitas yang ada pada layar LCD dan juga LED, dari segi kualitas memanglah layar LED memiliki lebih daripada layar LCD. Namun semua tidak ada yang sempurna, sebagusnya layar LED pastinya memiliki kekurangan.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s