Manfaat Dari Minuman Isotonik

Image

 

Saat berolah raga, tubuh akan menghasilkan keringat, keringat itu dihasilkan oleh cairan didalam tubuh yang harus segera digantikan. Namun cairan tersebut tidak akan segera digantikan apabila kita hanya mengkonsumsi air putih, berbeda dengan konsumsi minuman isotonik.

Kebutuhan manusia akan cairan mencapai hingga 11 liter, yang dibutuhkan untuk membentuk sel nutrisi dan membuang resindu-resindu dalam tubuh, dan kelebihan cairan tersebut akan dibuang melalui air seni. Apabila tubuh kekurangan cairan maka akan mengakibatkan dehidrasi, dan minuman isotonik merupakan salah satu cara untuk menambah jumlah cairan tubuh yang kurang serta menggantikan yang hilang.

Faktanya, minuman isotonika adalah air yang dicampur garam dan secara otomatis menghasilkan ion, ion Na, ion CI. Jadi sebenarnya saat kita mengkonsumsi makanan yang berkuah asin, secara tidak langsung kita mengkonsumsi minuman isotonik.

Selain rasanya yang asin, minuman isotonik mengandung Natrium, Magnesium, Kalsium dan Karbohidrat yang membantu mempercepat proses pembentukan cairan tubuh yang hilang. Namun, minuman isotonik akan menjadi berbahaya apabila dikonsumsi dalam jumlah besar atau intensif, karena jumlah garam yang sedikit juga otomatis akan menjadi banyak dan dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi. Kandungan pengawet didalamnya dapat berakibat buruk pada organ hati dan liver.

Jadi, intinya minuman isotonik sangat baik untuk mengganti cairan yang hilang dalam tubuh ketika setelah olahraga, tapi lebih baik untuk mengkonsumsi air putih sebanyka mungkin, minuman isotik akan tidak baik bila dikonsumsi lebih dari ambang batas, artinya jika terlalu banyak mengkonsumsi minuman isotonik kemungkinan akan menimbulkan banyak penyakit.

Yah, itulah manfaat cara sehat mengkonsumsi minuman berisotonik. Semoga informasi yang dapat saya sampaikan dapat bermanfaat bagi Anda semua, jika ada yang ingin ditambahkan informasinya silakan berikan komentarnya dibawah ini yah.
Terimkasih

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s